Belajar seo dasar agar blog terdekteksi google

villaralcaldeblog |
10 Tips dasar SEO untuk pemula

Apa itu SEO?
SEO atau Search Engine Optimization merupakan serangkaian proses untuk mengoptimalkan blog kita supaya bisa mencapai peringkat optimal pada hasil pencarian search engine , terutama Google

Pengaruhnya apa?
Well , alasannya yaitu dengan berada dihalaman pertama hasil pencarian untuk keyword tertentu , akan membuat advertiser yakin bahwa blog anda akan menunjukkan traffic dan influence pada kampanye produk yang mereka tawarkan.
Dengan kata lain Google sudah percaya pada goresan pena anda
inilah 10 tips yang  bisa anda praktikan bila blog anda ingin berada di peringkat yang optimal dalam hasil pencarian search engine. 


10 Tips dasar SEO dasar untuk pemula (optimasi blog)


#1.  Gunakan keyword utama yang sudah anda pilih sebagai url blog
Kalau anda memilih untuk membangun sebuah blog ber-niche , memang URL dan nama blog anda harus mengandung keyword yang anda pilih. Namun bila anda ingin membangun personal blog mungkin anda akan menggunakan nama anda sendiri sebagai URL blog untuk personal branding. Tidak dilema alasannya yaitu google akan mencatat label kategori. Kategori harus rapih dan sistematis mengandung keyword yang dicari.

#2. Optimalkan permalink blog anda
Apa sih itu permalink?.
Permalink merupakan akronim dari  Permanent link

Sebelumnya kita telah mengenal URL blog yang terbentuk dari nama blog. Nah , Permalink ini yaitu alamat url dari tiap-tiap post dan page blog kita.

Contoh :

http://www.kamtree.com/ ini yaitu url
http://www.kamtree.com/cara-agar-blog-seo ini yaitu permalink.

catatan : Ketika anda memilih judul yang panjang maka blogger akan memotongnya lebih pendek. Disarankan anda lihat disamping daerah anda mengetik postingan ada bacaan setelan entri. kemudian ada bacaan tautan permanen dan klik tautan permanen khusu.


#3. Gunakan Long Tail keyword
Keyword terdiri dari :
  • Short tail
    Misal : "kesehatan bayi" 
  • Long tail
    Misal : "perawatan kesehatan bayi baru lahir. Dengan kata lain Long Tail ialah turunan frasa dari short tail keyword
#4. Mobile friendly atau blog dapat diakses mobile
Google baru baru ini meluncurkan algoritma baru , yang disebut "Mobilegeddon".

Apa itu?

Mobilegeddon ini lebih mementingkan website atau blog yang berlabel mobile-friendly. Artinya ketika seseorang mengetikan keyword tertentu pada kotak pencarian , hasil yang pertama kali muncul ialah yang berlabel "mobile-friendly". Untuk blog ber-platform blogger dan wordpress sudah otomatis bisa diakses mobile. Tapi tetap pilih template yang responsive ya.

#5. Pastikan navigasi blog yang baik
Setting navigasi blog anda dapat diakses dari semua lama dan artikel yang ada dalam blog. Pastikan saja setiap pengunjung tidak harus membuka laman "home" untuk menujua artikel yang lain.

#6. Dapatkan back link dari website atau blog lain.
Aturan pertamanya yaitu Tulis pos yang rapih dulu.

Ada metode untuk membangun link dan meningkatkan visibilitas anda.
  • Submit blog ke search engines.
  • Komentar di blog lain
  • Bookmarking , prinsipnya hampir sama dengan bookmark pada browser tapi dilakukan secara online
  • Menjadi guest blog di blog lain.
#7. Sering-sering update
Google sangat senang dengan artikel fresh setiap saat. Maka sering-sering update postingan kalian ya!.

#8. Stay put , jangan sering ganti domain
Kenapa jangan sering-sering?. alasannya yaitu akan mengalami banyak broken link di google search. itulah kenapa saya bilang harus dipikirkan masak-masak

#9. Tumbuhkan komunitas media sosial
Usahakan mendapat share dan retweet di media sosial.  Ada situs terbesar yang bisa dimanfaat kan untuk SEO yaitu Facebook , twitter , dan linkedin. Jika anda mempublikasikan konten berupa format (gambar , Infografis , video , PDF) anda bisa memperluas ke Pinterest , YouTube , Vine dan Visual.ly


#10. Pastikan tombol "follow" ada di blog
Untuk blogspot mudah sekali caranya hanya tinggal tambahkan gadget di tata letak.

Jika anda telah melaksanakan 10 tips diatas , bisa dikatakan anda sekalian telah melaksanakan teknik dasar SEO atau telah melaksanakan meningkatkan secara optimal blog. Anda dapat mengembangkannya ketingkat SEO yang lebih rumit ,

INGAT!!!
Belajar SEO mulailah mirip halnya anda belajar disekolah dasar. Mulai dari TK , SD , SMP dan SMA. Anda tidak bisa pribadi duduk dibangku SMA.

***

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar