Panduan lengkap cara membuat blog di blogger

villaralcaldeblog |

Kenapa kita nge-blog? Apa manfaat nge blog?

1. Hobi menulis
Hobi kita dari dulu emang suka menulis. Biasanya ditandai dengan; senang menulis cerita , diary , menyebarkan , bahkan menulis status facebook.

2. Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat
Waktu luang kita banyak yang terbuang hanya untuk bermain game , tidur , dan makan. Kenapa tidak kita nge-blog dan menghasilkan uang dari blog.

3. Sarana belajar (web design , menjadi penulis jago dll)
Kita memang ingin mendalami ilmu web design , ingin menciptakan facebook kedua atau kita emang pingin menjadi seorang penulis yang hebat.

4. Eksistensi
Kita memang ingin eksis dengan blog kita jikalau tampil pertama di google.

5. Sarana berinteraksi dengan blogger lain (networking)
Blogging juga merupakan sarana berinteraksi dengan blogger lain. Mulai dari menanyakan tips , menyebarkan tips hingga saling follow dan comment blog.

6. Dapat uang
Mendapatkan uang , meskipun ini bukan tujuan utama nge-blog , tapi ini lah yang diperlukan para blogger. Karena mereka juga telah menghabiskan waktu dan kuota , siapa yang tidak ingin hobinya dibayar uang?.

➧ Hasil dari blog 

  Detailnya di : Hasil dari blog

Apa saja yang mampu kita hasil dari blog , selain uang??

1. Dapat banyak teman
Awalnya kita mempromosikan blog , kemudian ada yang comment , menunjukkan kritik dan saran kepada blog kita. Kita pun berkenalan "salam kenal" dan menambah sahabat kita.

2. Mengembangkan atau menemukan hobi
Kita akan mengembangkan hobi kita , misalkan kita membuat blog perihal travel , tentu kita akan mengembangkan hobi kita traveling untuk mengpost di blog kita. Kita juga akan menemukan banyak sekali hobi baru mirip ketika nge blog kita menemukan web design atau ketika blog walking kita menemukan hobi baru dari blog lain.

3. Menjadi seorang penulis hebat
Tanpa kita sadari , ketika kita sedang membaca blog orang kemudian menuliskan kembali di blog kita , kita secara tidak pribadi mengasah skill menulis kita. Tidak jarang , pada awalnya hanya menulis cerita-cerita di blog nya mampu menjadi penulis buku semisal; kevin anggara dan radityadika

4. Membangun jaringan sendiri
Kita akan membentuk jaringan komunikasi sendiri , promosi di facebook di media-media sosial , dan mampu saja jaringan tersebut menjadi jaringan bisnis.

5. Dapat uang lagi deh akhirnya
Mendapat uang , melalui mereview produk , google adsense menjadi penghasilan serhari-hari.

➧ Tentukan topik dan niche

  Detailnya di : Topik dan niche

Apa itu niche? 
Niche yaitu topik atau bahasan yang fokus dan diminati oleh target tertentu.

Tentukan topik blog
Topik blog , sering kali kita bingung. Pingin nge-blog tapi gatau topik , akibatnya asal-asalan. Nah jadi sebelum buat blog tentuin dulu topiknya. Berikut tips menentukan topik blog.

1. Ketahui passion
Ketahuilah kau minat dalam bidang apa , jikalau kau mau nge-blog kau harus minat menulis dan harus berusaha mempelajari bidang blogging.

2. Temukan keyword yang tepat
Tentukan keyword blog kau yang tepat. Ada dua jenis keyword yaitu short tail dan long tail. Misalkan blog perihal fisika (short tailnya) dan fisika sma (long tailnya) maka jikalau disatukan ialah fisikasma.com.

➧ Memilih template

  Detailnya di : Memilih template

Template harus lah :

1. SEO friendly
SEO ialah kependekan dari Search Engine Optimization. Jika kita ingin blog kita banyak pengunjung tentulah blog kita harus berada pada halaman pertama google. Belajar SEO dasar disini

2. Ringan
Template yang ringan , akan mempercepat konten blog kita muncul. Sehingga akan mempercepat kecepatan blog dan menghemat kuota sang pengguna.

3. Enak dilihat
Design template harus lah enak dilihat. Simple tapi elegansaran template free bagus!

4. Navigasi yang cantik (user friendly)
Navigasi , atau penggunaan link menu yang maksimal. Upayakan selalu ada tombol "home" sehingga tidak membingungkan yang masuk blog kita untuk menerima postingan lainnya.

5. Backround yang putih (saran)
Backround yang putih akan meringankan kinerja mata kita yang terus menerus membaca blog kita ketimbang backround yang berwarna.


➧ Cara membuat blog gratis di platform blogger

#1. Masuk ke https://blogger.com/

#2. Login dengan akun google anda


#4. Buat static page mirip (kontak saya , site map , about me)
Suatu ketika ada yang akan berkunjung dan ingin memasang iklan di blog anda. Mereka akan mencari-cari email anda. Maka siapkan laman husus kontak anda , dan perihal blog anda.

#5. Buat favicon
Favicon ialah logo kecil yang berada di atas.  lebih jelasnya liat gambar.
Baca disini  : Cara membuat favicon

#6. Buat logo pada header (opsi)

#7. Tulis beberapa artikel secara rutin
Menulis artikel secara rutin tentunya membuat blog anda akan semakin mudah terindex , dan menaikan traffic blog anda.

#8. Pakai domain custom
Memakai domain custom (.com , .net , .id , dll) membuat url blog anda mudah diingat sekaligus mempersingkat url blog anda. Selain terlihat lebih profesional , menggunakan domain custom ini menarik peminat iklan yang ingin memasang di blog anda.

#9. Mendaftarkan blog ke search engine
Ada banyak cara mendaftarkan blog anda ke search engine. Salah satunya silahkan saja buka situs www.submitexpress.com.
Baca disini : 

#10. Promosi , Blogwalking
Dengan comment di blog orang lain , mencantumkan atau tidak mencantum kan link blog anda maka google sudah melihat link blog anda. Karena sejatinya anda mencoment di blog orang itu membawa identitas anda , termasuk blog anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah blog

Menentukan Judul dan Template Blog